Pertama Kali, Pengumpulan Sampah Elektronik di Mall Hits Tangerang!

Minggu, 25 April 2021 – Berkenaan dengan momen peringatan Hari Bumi atau Earth Day, ada banyak aksi yang dilakukan untuk mengurangi sampah plastik atau kertas. Namun tidak banyak yang melakukan penyuluhan tentang pengelolaan sampah elektrnoik, padahal jenis sampah yang satu ini tak kalah pentingnya. Di era digital ini, sifat konsumtif seseorang terhadap perangkat elektronik semakin tinggi dan bisa menimbulkan imbas negatif terhadap bumi.

Pemerintah Kabupaten TangerangProvinsi Banten terus berupaya menyelamatkan lingkungan. Hal ini dilakukan dengan menggandeng komunitas EwasteRJ untuk menangani sampah elektronik yang ada di Kabupaten Tangerang.

“Saya mengajak masyarakat Kabupaten Tangerang untuk bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang dan EwasteRJ untuk mengumpulkan seluruh limbah elektronik dan dikirimkan pada tempat yang sudah kami tentukan,” kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar di Tangerang melalui akun Instagram pribadinya.

Pengumpulan sampah elektronik bisa melalui mobil box dengan logo Kabupaten Tangerang dan EwasteRJ, serta beberapa public spaces yang sangat popular seperti AEON Mall BSD dan Summarecon Mall Serpong. Ini merupakan pertama kalinya ada box sampah khusus elektronik yang berada di dalam mall. Hari ini, Minggu, 25 April 2021, beberapa influencer seperti Khalisha, Thalia, Myura, dan Calista yang tergabung dalam Arise Arose (@arisearose), juga turut serta membuang sampah elektroniknya di dropbox yang ada di AEON Mall BSD. Beberapa pengunjung mall juga terlihat membawa sampah elektronik yang sudah dipersiapkan dari rumah. Perlu dipastikan bahwa penyalur wajib mengisi form linktr.ee/ewasterj sebelum membuang sampahnya.

Dalam rangka #TangerangPilahEwaste, Pemerintah Kabupaten Tangerang dan EwasteRJ mengadakan lomba artikel terkait sampah elektronik. Adapun pemenang lomba artikel adalah sebagai berikut:

Juara 1: Disya Illona https://ewasterj.com/best-practice-pengelolaan-e-waste-di-indonesia/
Juara 2: Faiq https://ewasterj.com/regulasi-dan-inovasi-pengelolaan-e-waste-dari-indonesia-dan-jepang/
Juara 3: Hana Irena
Juara Harapan 1: Brigitta Christa https://ewasterj.com/bahaya-sampah-earphone-yang-sering-disepelekan/
Juara Harapan 2: Aulia Rahma https://ewasterj.com/e-waste-sampah-elektronik-yang-tak-seterkenal-sampah-organik-dan-anorganik/